Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Alternatif

CENGKEH. Tanaman yang satu ini sudah sejak dahulu dikenal oleh masyarakat Indonesia dan Mancanaegara, yang juga merupakan salah satu tanaman rempah yang sejak dahulu dikenal oleh bangsa eropa. Pada saat sekarang cengkeh selain digunakan sebagai rempah dan juga pada bidang cosmetik ataupun industri farmasi, Ternyata masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui kegunaan cengkeh sebagai salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat. Diantara nya sebagai berikut :

cengkeh

  • Rasa Mulas Saat Haid

Cara penggunaan nya yaitu : Siapkan setengah (1/2) jari rimpang kunyit, 1/2 butir buah pala, 7 butir ketumbar dan 2 butir cengkeh. Sebelum dipotong – potong cucilah terlebih dahulu, kemudian diberi air 2 gelas lalu direbus. Sisakan air rebusan hingga 1 gelas saja. Lalu saring, diminum dalam keadaan hangat.

  • Masuk Angin

Cengkeh juga dapat digunakan sebagai obat masuk angin dengan caran : Pergunakanlah minyak cengkeh kira – kira 10 tetes serta tambahkan air panas 1/4 cangkir  juga madu 1 sendok makan sambil diaduk hingga merata. Minumlah 2 – 3 kali sehari dalam keadaan hangat.

  • Rematik dan Pegal Linu

Manfaat cengkeh untuk obat penyakti yang satu ini bisa diterapkan sebagai berikut : Ambil 10 butir cengkeh, daun belimbing wuluh yang muda 3 genggam, dan merica 14 butir yang telah dicuci. Kemudian tumbuklah  hingga halus. Buatlah seperti adonanan bubur dan beri cuka secukupnya. Lalu adonan itu siap dioleskan pada bagian yang dirasa nyeri atau sakit.

  • Gigi Berlubang

Wah… Sering kali banyak diantara orang yang mengidap gigi berlubang dengan banyak penyebab, mungkin bisa disebabkan karena jarang membersihkan (menyikat) gigi ataupun dari makanan yang kita makan. Cengkeh bisa digunakan sebagai obat gigi berlubang dengan cara penggunaannya yaitu : Siapkan kapas yang sudah diteteskan minyak cengkeh, lalu sumbatkan pada gigi yang berlubang. Setelah itu ambil cengkeh 10 butir sangrai hingga agak gosong dan giling hingga halus. Kemudian bubuk tersebut masukkan pada gigi yang berlubang dengan kapas sebagai penutupnya.

Selain sebagai obat terhadap penyakit diatas, dapat pula digunakan sebagai obat, Lemah Syahwat, Cegukan Lambung, Kedinginan hingga Muntah dan Batuk – Batuk.

S E M O G A BERMANFAAT..

0 Komentar untuk "Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Alternatif"

Back To Top