Manfaat bawang Merah dan bawang Putih

Hampir semua orang tau dengan yang satu ini, terutama ibu – ibu rumah tangga yang kerap kali menggunkannnya sebagai bumbu dapur. Bawang memang identik dengan bumbu yang digunakan untuk masakan yang membuat masakan akan memiliki cita rasa yang enak dan memiliki bau yang harum.

Namun tahu kah kita sebenarnya bawang selain bisa digunakan untuk bumbu masakan juga dapat digunakan sebagai obat alternatif. Mungkin benar saja, kalau zaman sekarang orang tak akan lagi berpikir atau tidak mengetahui lagi manfaat penggunakan bawang sebagai obat alternatif, tapi sebenarnya masih banyak manfaat yang dapat kita jumpai dari bawang ini, antara lain :

  • Bawang Putih

bawang putih

Cacingan

wow, mendengar kata yang satu ini banyak diantara orang sedikit geli membayangkannya, namun cacingan bisa menyerang siapa saja, tak hanya orang miskin ataupun orang kaya saja. Bawang putih bisa sebagai pengganti obat cacingan, caranya sebagai berikut :

Parutlah satu siung bawang putih yang agak besar, lalu beri air matang 2/3 gelas. kemudian minumlah sesudah disaring ampasnya. Ini bisa dilakukan dua kali seminggu. Zat yang ada di dalam bawang putih akan memberihkan sistem pencernaan kita terutama di bagian usus.

Darah Tinggi

Selain bisa digunakan untuk obat cacingan bawang putih juga bisa digunakan untuk menurunkan darat tinggi, ini bisa kita praktekkan dengan cara :

Ambil bawang putih yang telah dikupas 2 siung, lalu gilinglah halus, dan seduhlah dengan air panas setengah gelas sambil diaduk. Diamkan hingga dingin. Minumlah setengah gelas 2 kali sehari.

Gigitan Serangga

Nah, satu lagi manfaat dari penggunaan bawang putih untuk obat yaitu, apabila kita atau siapapun yang terkena gigitan serangga, caranya yaitu : Gilinglah 4 siung bawang putih hingga halus, lalu dioleskan pada bagian yang terkena gigitan dengan dibalut agar menempel. Lakukan sesuai kebutuhan atau sekurangnya 2 kali sehari.

  • Bawang Merah

bawang merah

Cacingan (Khusus Cacing Kremi)

Selain Bawang putih, bawang merah juga bisa digunakan untuk obat cacingan. Tapi cacingan disini khusus cacing kremi, caranya : Parut 3 siung bawang merah, setelah itu balurkan pada tempat dimana yang dirasa gatal. Lakukanlah hal ini saat menjelang tidur, hasilnya akan lebih baik.

Masuk Angin

Penggunaan bawang merah untuk obat masuk angin mungkin untuk sebagian orang ini sudah tak asing lagi terutama di pedesaan barangkali. Tapi anda juga bisa mempraktekkanya dengan cara : Ambil 8 siung bawang merah, kemudian digiling sampai halus, tambahakan air kapur sirih. Lalu gosokkan pada perut dan punggung.

Wasir

Ternyata bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat wasir, walau ini tedengar sangat asing, tapi bagi sebagian orang yang pernah mencoba merasakan manfaat baik, apabila anda ingin mencoba, caranya yaitu : Ambil 3 siung bawang merah lalu digiling sampai halus, campurkan belerang satu sendok teh dan tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa sambi diremas – remas, lumaskan pada anus pelan – pelan. Gunakan pada malam hari sebelum tidur, untuk penggunaannya gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Panas, Demam, Dan Perut Kembung Pada Anak

Penggunaannya yaitu : Ambil secukupnya bawang merah lalu diparut, campurkan asam jawa, minyak kelapa dan minyak kayu putih secukupnya ke dalam parutan bawang, kemudian oleskan pada seluruh badan terutama perut, punggung dan telapak kaki sampai merata.

Nah, itulah sebagian manfaat dari penggunaan Bawang Putih dan Bawang Merah sebagai obat alternatif yang bisa kita coba penggunaannya. Semoga bermanfaat

0 Komentar untuk "Manfaat bawang Merah dan bawang Putih"

Back To Top