Manfaat Daun Dewa dan Daun Jinten

Daun Dewa. Untuk tumbuhan yang satu ini memang masih agak asing ditelinga kita atau banyak diantara kita yang belum mengetahui. Sebenarnya Daun dewa banyak terdapat disekitar kita, karena tumbuhan yang satu ini bisa tumbuh subur di Indonesia. Daun dewa memiliki nama latin (Gynura divaricata) dan dapat tumbuh subur pada ketinggian 200 – 800 diatas permukaan laut. Daun Dewa ini berkembang melalui umbi atau bisa juga dengan stek batang, cukup mudah untuk membudidayakannya. daun dewa

Seperti tampak pada gambar diatas. Daun Dewa memiliki panjang sekitar 20 cm dan memiliki lebar sekitar 10 cm. Memiliki tangkai yang pendek dan sedikit lonjong, Tekstur daun yang sedikit berbulu halus serta ujung daun yang sedikit lancip. Warna daun dewa sebenarnya agak hijau keunguan. Daun dewa ini memiliki bunga yang manjemuk yang tumbuh pada ujung batannya, benang sarinya berwarna kuning dan berbentuk jarum. Daun dewa ini memiliki senyawa flavonoid, minyak atsiri dan saponin. Oleh karena itu daun dewa memang banyak digunakan dalam pengobatan (farmasi) karena senyawa yang dikandungnya sangat bermanfaat dan termasuk sebagai salah satu tanaman obat alternatif.

Diantara manfaat Daun Dewa yaitu :

  • Pendarahan pada wanita maupun Payudara Bengkok

Cara penggunaannya yaitu : Rebuslah sebatang daun dewa dan tambahkan air matang  secukupnya. Diamkan hingga dingin lalu minumlah sesuai kebutuhan.

  • Gigitan Serangga dan Ular

Gunakan daun dewa lalu dilumat kemudian di tempelkan pada luka bekas gigitan binatang.

  • Kutil

Untuk pengobatan penyakit kutil cara penggunaanya yaitu : ambil daun dewa 5 lembar lalu tumbuk sampai lembut, kemudian pada kutil dilumuri dengan tumbukan tersebut serta dibalut sampai 1 hari dan dibuka pada hari berikutnya.

Daun Jinten atau Daun Jintan

daun jintanDaun jinten sebenarnya berasal dari daerah Afrika Selatan dan Afrika Timur. Tapi daun jinten juga dapat tumbuh subur di daerah Indonesia. Tumbuhan yang satu ini tergolong tumbuhan semak, namun dapat tumbuh sekitar 1 meter. Permukaan daunnya agak sedikit tebal dengan panjang daun sekitar 5 – 7 cm  dan lebar bisa mencapai 6 cm.

Manfaat daun jinten dalam dunia pengobatan sudah dikenal sejak lama, namun sering kali pada masa sekarang banyak diantara kita tidak mengetahuinya. Beberapa manfaat yang bisa digunakan dari daun jinten ini antara lain, yaitu :

  • Asma atau Batuk

Cara menggunakannya : Ambillah daun jinten yang segar 10 lembar, lalu cucilah pakai air matang. Kemudian tumbuk dan diperas. Minumlah hasil perasan itu saring terlebih dahulu beri minyak wijen secukupnya.

  • Sariawan

Kunyahlah daun segar 5 lembar yang sudah dicuci dengan air matang, saat mengunyah airnya sambil ditelan dan buanglah ampasnya.

  • Demam

Karena daun jinten mengandung senyawa analgesik (penghilang rasa nyeri) maka bisa dimanfaatkan salah satunya untuk obat demam dengan cara : Gunakanlah daun segar 5 lembar yang sudah dicuci dengan air matang, kemudian tumbuk seperti adanya bubur, lalu peraslah ambil airnya sambil disaring dan minum. Sedangkan ampasnya dapat digunakan untuk menggosok badan.

  • Influenza

Siapkan yang masing – masing 1/4 genggam daun pegagan, daun sambung, serta tambahkan kapilo 4 buah, 2 butir bawang putih diiris – iris, dan rebuslah dengan air bersih 4 gelas hingga tersisa 2 1/4  (dua seperempat) gelas. Tunggu sampai dingin saring dan minumlah 3 kali sehari.

  • Memperkaya ASI

Ambil secukupnya dari daun jinten, masaklah dengan sop ayam lalu makan dan minumlah airnya.

  • Perut Kembung

Pakailah daun jinten 5 lembar yang sudah dicuci lalu tumbuklah hingga halus dan seduhlah dengan 3/4 cangkir air panas. Minumlah dalam keadaan dingin.

  • Sakit Kepala

Memarkan daun segar yang telah dicuci, lalu tempel pada pelipis yang terasa pusing.

  • Panu
  • Gunakan daun jinten 5 lembar, bawang putih yang telah dibersihkan 3 butir lalu tumbuk hingga lembut dan remas – remaslah. Tambahkan minyak kelapa, dan gosoklah pada bagian kulit yang terkena panu 2 – 3 kali dalam sehari.

    Sekian manfaat dari daun dewa dan daun jinten, semoga bermanfaat tentunya. Jika pembaca masih mengetahui manfaat dari tanaman ini silakan memberikan komentar dibawah ini. Terima kasih

    0 Komentar untuk "Manfaat Daun Dewa dan Daun Jinten"

    Back To Top