Budidaya tanaman obat

Sejak lama, manusia menggunakan tumbuhan dan bahan alam lain sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit, menyembuhkan dan mencegah penyakti tertentu, mempercantik diri, serta menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar. Dari catatan sejarah diketahui bahwa fitoterapi atau terapi mengguanakan tumbuhan telah dikenal masyarakat sejak masa sebelum masehi.

Penggunaan tumbuhan atau bahan alam sebagai obat dikenal dengan sebutan obat tradisional. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, definisi obat tradisional adalah obat jadi atau ramuan bahan alam yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral, sediaan galenik, atau campuran bahan tersebut yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Bahan obat tradisional yang berasal dari tumbuhan lebih banyak dibanding yang berasal dari hewan atau mineral, sehingga sebutan obat tradisional hampir identik dengan tanaman obat.

jahe merah

Penggunaan obat tradisional merupakan warisan dari nenek moyang kita dari generasi yang satu ke generasi berikutnya, sehingga keberadaannya terkait dengan budaya bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah banyak berkreasi dan berkarya nyata pada berbagai bidang, termasuk dalam mempersiapkan ramuan obat dan melakukan pengobatan secara tradisional. Perkembangan budaya bangsa berjalan seiring dengan tingkat peradaban bangsa, demikian juga perkembangan penggunaan tanaman obat dan obat tradisional sebagai salah satu upaya kesehatan. Seringkali kepedulian terhadap sejarah tersebut diabaikan sehingga banyak bukti peninggalan yang tidak terdokumentasi dengan baik bahkan banyak yang hilang begitu saja.

Tanaman obat berdasarkan bagian dari tanaman yang digunakan sebagai obat dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  • Tanaman herba yang berkhasiat obat
  • Tanaman yang rimpangnya berkhasiat obat
  • Tanaman yang akarnya berkhasiat obat.
  • Tanaman yang kulit kayunya berkhasiat obat.
  • Tanaman yang daunnya berkhasiat obat.
  • Tanaman yang bunganya berkhasiat obat.
  • Tanaman yang daging buahnya berkhasiat obat.
  • Tanaman yang bijinya bekhasiat obat.
Tag : Tanaman Obat
0 Komentar untuk "Budidaya tanaman obat"

Back To Top